Resume PPL - UML, SDLC, PBO, Use Case


UML atau Unified Modeling Language merupakan suatu pemodelan atau sebuah bahasa standar untuk merancang, mendokumentasikan, dan membuat model semua jenis sistem perangkat lunak khususnya sistem berorientasi objek. Aplikasi ini dapat berjalan pada semua perangkat keras, semua sistem operasi dan jaringan, serta dapat ditulis dalam semua bahasa pemrograman. UML menggunakan Class dan operation sehingga lebih tepat digunakan untuk penulisan perangkat lunak dalam bahasa berorientasi objek, seperti C++, Java, C#, atau VB.NET. Notasi UML menggambarkan berbagai diagram peranti lunak dan diturunkan dari tiga notasi, yaitu OOD, OMT, dan OOSE.
Dikutip dari : Dicoding

SDLC

Apa Yang di Maksud Dengan SDLC?

SDLC atau Software Development Life Cycle adalah sebuah kerangka kerja yang menguraikan tahapan-tahapan pengembangan perangkat lunak (software). SDLC dapat dikatakan pula merupakan siklus hidup untuk memproduksi sebuah sistem. Naah, SDLC memiliki berbagai macam model. 3 diantaranya adalah...

1. Waterfall Model

Model ini merupakan model tertua SDLC diantara model lainnya. Waterfall model mengharuskan pembuatan software untuk menyelesaikan setiap fase secara runtut. Di setiap fase memiliki turunan kecil ke fase berikutnya.

2. Agile Model

Metodelogi ini diyakini memiliki efektifitas yang tinggi dalam menciptakan sebuah produk. Dimana model ini memisahkan antara produk dengan proses dan waktu pengerjaannya secara cepat.

3. Scrum Model

Scrum merupakan sebuah kerangka kerja yang menggunakan bermacam proses dan Teknik. Scrum mengurangi ketidakefektifan dari manajemen produk dan teknik kerja sehingga dapat meningkatkan kinerja produk, tim, dan lingkungan kerja.

PBO

Pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming atau disingkat OOP) adalah paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek yang merupakan suatu metode dalam pembuatan program, dengan tujuan untuk menyelesaikan kompleksnya berbagai masalah program yang terus meningkat. Objek adalah entitas yang memiliki atribut, karakter (bahavour) dan kadang kala disertai kondisi (state) (Douglas, 1992).

1. Pengertian Class dalam PBO

Class merupakan blueprint (cetak biru) dari object. Class digunakan untuk membuat kerangka daasar yang nantinya hasilnya akan berupa object. Class dapat di analogikan sebagai gambaran umum tentang sebuah benda.

2. Pengertian Property dalam PBO

Property sering juga disebut dengan atribut merupakan data yang terdapat pada suatu class. Jika kita terbiasa dengan pemrograman PHP, property sebenarnya hanyalah ibarat sebuah variable yang terletak didalam class. Semua aturan dan tipe data yang biasa kita input kedalam variable, dapat juga kita input dalam sebuah property. Tata cara aturan penamaan property sama dengan penamaan variable.

3. Pengertian Method dalam PBO

Method merupakan tindakan yang bisa dilakukan dalam sebuah class. Jika kita menggunakan analogi contoh class sepeda_motor maka contoh method nya adalah : menghidupkan sepeda motor, mematikan sepeda motor, mengganti oli dan berbagai tindakan lainnya.

4. Pengertian Object dalam PBO

Object/objek merupakan hasil cetakan dari sebuah class, sebagai contoh analogi dari sepeda_motor maka objek dari class sepeda motor dapat berupa : sepeda_motor_saya, sepeda_motor_dia dan lain-lain. Objek dari class sepeda motor dapat memiliki seluruh ciri-ciri sepeda motor yaitu property dan method.

USE CASE

Apa itu Use Case Diagram?


Use case Diagram adalah satu dari berbagai jenis diagram UML (Unified Modelling Language) yang menggambarkan hubungan interaksi antara sistem dan aktor. Use Case dapat mendeskripsikan tipe interaksi antara si pengguna sistem dengan sistemnya.

Tentunya, use case diagram merupakan sesuatu yang mudah dipelajari. Langkah awal untuk melakukan pemodelan, tentu perlunya suatu diagram yang mampu menjabarkan aksi aktor dengan aksi sistem itu sendiri, seperti yang terdapat pada use case diagram.

Berikut Keterangan Dan Symbol Use Case Diagram
Contoh :